Breaking News
Loading...
Selasa, 06 Juli 2010

Pengertian Bahasa Pemograman SQL

05.00
Hayo tau kah anda tentang SQL ??? Hem ... jenis makanan apa yach SQL, haahah ini bukan makanan gan. sejenis minuman ini hdhehehe akoe cuma bercanda gan. Okey bagi yang belum tau apa SQL itu, ini saya kasih tau dah !!! ku kan baek hati. 
Structured Query Language (SQL) merupakan bahasa yang banyak digunakan dalam berbagai produk database. SQL dibangun di laboratorium IBM-San Jose California sekitar akhir tahun 70-an. Pertama kali dikembangkan sebagai bahasa di produk database DB2 yang sampai saat ini merupakan produk database andalan IBM. SQL sering dilafalkan dengan “sequel”.

Saat ini organisasi standar America (ANSI) mentapkan standar bahasa SQL yaitu ANSI-92 standar. Masing-masing vendor database memiliki dialek senfiri sebagian besar spesifikasinya mencakup pada standar ANSI tersebut dengan berbagai ekstensi tambahan. SQL Server menggunakan bahsa Transact-SQL dalam prosuknya, sedangkan Oracle menggunakan PL/SQL.

SQL terdiri dari 5 bagian utama yaitu
1.RETRIEVING DATA : perintah untuk menampilkan data dari database (Select).
2. DATA DEFINITION LANGUAGE (DDL) : Bahasa yang digunakan untuk mkembuat atau menghapus tabel atau database (Create, Drop, Alter)
3. DATA MANIPULASI LANGUAGE (DML) : Bahasa untuk memanipulasi/mengubah isi tabel (Insert, Delete, Update)
4. DATA CONTROL LANGUAGE (DCL) : Bahasa yang berhubungan dengan pengendalian akses
5. DATA TRANSACTION LANGUAGE (DTL) : Bahasa yang digunakan untuk mengolah transaksi database (Comit, Rollback)

Ini baru dasarnya aja gan !!! biar tau aja apa itu SQL dan Bagian-bagiannya. Pada postingan selanjutnya saya akan menjelaskan satu persatu funsi dari bagian dari SQL tersebut.  

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Semoga Artikel, Tutorial dan Informasi yang saya tulis bermanfaat bagi Anda :)

 
Toggle Footer